Motor Stepper (part 1)

Motor dalam aplikasi sehari-hari terdapat beraneka ragam jenis untuk mendukung aktivitas kita dalam bekerja. Dalam penggunaannya selain digunakan untuk berputar secara terus menerus seperti pompa atau kipas, terkadang diperlukan motor untuk bergerak menuju titik sudut putaran tertentu seperti menggerakkan buka tutup valve pneumatic atau posisi rak yang menggunakan ball screw. Motor yang dapat digunakan pada aplikasi tersebut adalah motor stepper. Motor Stepper adalah motor DC yang bergerak atau berputar dalam langkah-langkah sebesar sudut tertentu. Motor Stepper berbeda dengan motor DC biasa yang hanya berputar secara kontinyu, tetapi tetap memiliki torsi putar yang kuat seperti motor DC.

Cara pengendalian motor stepper ada beberapa cara yaitu:

Wave Drive atau Single Coil Excitation, pergerakan motor hanya menggunakan 1 kumparan yang aktif.

Full Step Drive, pergerakan motor menghasilkan torsi yang lebih besar karena menggunakan 2 kumparan yang aktif.

Half Step Drive, metode ini merupakan gabungan metode sebelumnya dan menghasilkan resolusi yang lebih besar dalam pergerakan motor.

 

Microstepping, metode yang umum dipakai sekarang karena menggunakan kontrol variabel arus listrik yang dikirimkan ke kumparan stator motor dalam bentuk sinyal sinus. Penggunaan metode ini menghasilkan pergerakan motor yang halus, meningkatkan akurasi pergerakan, dan mengurangi stress pada komponen dalam motor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

my whatsapp